Listrik Dinamis

Saat ini, kehidupan kita sangat bergantung pada listrik. listrik yang kita gunakan di rumah kita merupakan listrik dinamis. (baca juga : listrik statis). Contoh peralatan listrik yang ada dirumah kita yaitu TV, radio, HP, lampu, dan masih banyak lagi yang lainnya


A. Definisi Listrik Dinamis
Listrik dinamis adalah muatan listrik yang berada dalam keadaan bergerak. Ketika suatu rangkaian listrik tertutup diberi beda potensial listrik (tegangan listrik) oleh sumber arus, muatan listrik akan mengalir ke seluruh rangkaian listrik tersebut.

B. Macam-macam Listrik Dinamis
Listrik dinamis dibagi menjadi dua yaitu listrik arus searah (Direct Current) dan listrik arus bolak-balik (Alternating Current).
Listrik arus searah (Direct Current) adalah arus listrik yang mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah dan arah arusnya tetap. Contoh sumber arus yang searah yaitu baterai, aki, sel volta. Arus DC juga bisa dihasilkan dari Arus AC yg disearahkan menggunakan rangkaian penyearah. Oleh karena itu arus DC ini jarang ditemui di listrik instalasi rumah.
Gambar 1. Baterai pada HP menggunakan sumber DC.
Baterai pada HP menggunakan sumber arus DC karena sumber arus DC dapat disimpan pada elemen baterai

Listrik arus bolak-balik (Alternating Current) adalah listrik yang arah arus dan besar tegangannya selalu berubah-ubah. Sumber listrik yang digunakan pada rumah tangga yaitu dari PLN. Contoh alat listrik yang menggunakan sumber listrik AC adalah kipas angin, kulkas, televisi, dll.
Gambar 2. Kipas angin menggunakan listrik AC.
Peralatan listrik yang ada di rumah, pada umumnya didominasi oleh listrik AC. Contohnya kipas angin pada gambar 1 menggunakan sumber listrik AC yang bersal dari PLN untuk menggerakkan motor pada mesin kipas angin tersebut.

C. Kelebihan dan Kekurangan arus AC
Kelebihan dari arus AC yaitu
1. Dapat dirubah besar tegangannya, baik itu dinaikkan dan diturunkan menggunakan transformator.
2. Dapat dialirkan ke tempat yang sangat jauh jaraknya melalui SUTET.

Kekurangan dari arus AC yaitu
1. tidak dapat dibawa, hal ini karena arus AC tidak bisa ditempatkan pada suatu wadah seperti baterai dan lainnya.
2. Dapat menhilangkan sifat kemagnetan pada magnet.

D. Kelebihan dan Kekurangan arus DC
Kelebihan arus DC adalah dapat dibawa kemana saja. Karena energi listrik dapat di simpan pada sel elektrokimia contohnya seperti yang ada pada baterai.
Kekurangan arus DC adalah adanya keterbatasan pasokan energi listrik, maka dari itu perlu melakukan penggantian sumber arus atau isi ulang/cas jika energi listriknya sudah kosong.

No comments:

Post a Comment